Jumat, 02 November 2012

Perkebunan Sawit Cikidang



Sekedar Berwisata atau Miliki Sendiri Kebun Sawitnya



Wisata agro atau berwisata di areal perkebunan, saat ini seolah begitu popular di masyarakat. Ya..karena memang saat ini telah banyak berkembang lokasi wisata agro di Indonesia. Bahkan wisata agro ini telah menjadi tempat wisata alternatif, disamping wisata alam dan berbagai wisata lainnya.

Salah satu wisata agro yang saat ini tengah ‘naik daun’ dan menjadi pilihan favorit banyak wisatawan adalah Cikidang Plantation Estate. Lokasi wisata yang terdapat di Desa Pangkalan, Kecamatan Cikidang, Sukabumi ini, merupakan sebuah kawasan perkebunan terintegrasi yang memadukan wisata dengan kegiatan usaha perkebunan kelapa sawit dan properti.
Selain memiliki pemandangan alam yang indah, dengan hamparan perkebunan kelapa sawit di tengah hawa pegunungan yang sejuk dan bersih, di lokasi ini pengunjung juga disajikan berbagai pilihan paket wisata. Mulai dari wisata berburu, off road, berkuda, out bond, hingga mengunjungi pabrik pengolahan kelapa sawit.
Bagi yang gemar berburu dan ingin menguji keterampilanya dalam menaklukan hewan-hewan buruan, pihak pengelola menyediakan paket hunting range yang berada di tengah perkebunan teh, karet dan kelapa sawit. 
Di lokasi berburu ini, pengunjung dapat merasakan sensasi berburu layaknya di hutan belantara, tanpa perlu khawatir diterkam binatang buas. Tapi di sini, para pemburu tak perlu repot mencari hewan buruannya, karena pihak pengelola juga telah menyediakan hewan buruan, yang juga biasa diburu di alam liar. Mulai dari kelinci, ayam, kalkun, rusa atau kijang, kambing hutan, hingga babi hutan. 
Di sini, pengunjung juga tidak perlu repot membawa senjata buruan. Karena semuanya telah disiapkan oleh pihak pengelola. Tinggal menyewa, maka pengunjung bisa memilih senjata yang akan digunakan, seperti senapan atau panah. Termasuk juga kendaraan yang akan digunakan untuk berburu, muali dari ATV hingga mobil berburu.
Bagi pengunjung yang gemar off road, pihak pengelola juga menyediakan berbagai pilihan kendaraan yang dapat digunakan, seperti mobil jip 4x4, ATV hingga motor trail. 
Yang juga menarik, di areal wisata agro Cikidang ini, pengunjung juga dapat mengunjungi pabrik pengolahan kelapa sawit dengan kapasitas 30 ton per jam yang digunakan sebagai tempat penampungan hasil perkebunan sawit terpadu di lokasi itu.   

Memiliki Kebun Sawit Sendiri
Memiliki perkebunan sawit sendiri, tentu banyak orang yang menginginkannya. Karena, minyak sawit saat ini tengah menjadi komoditi primadana, yang mampu memberikan banyak kentungan bagi pemiliknya.
Bukan hanya saat ini, komoditi yang dapat diolah menjadi minyak nabati ini juga sangat menjanjikan di masa mendatang. Terutama dengan semakin sedikit dan terbatasnya minyak yang bersumber dari fosil, menjadikan minyak nabati sebagai pilihan alternatif untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) di dunia. Disamping itu, minyak sawit juga dapat diolah menjadi beberapa produk kimia yang memiliki nilai ekonomi tinggi.
Dan harapan untuk memiliki perkebunan sawit sendiri itu, bukan merupakan hal yang mustahil di Cikidang Plantation Estate ini. Karena di sini, siapapun yang berminat bisa memilikinya. Bukan hanya perkebunan kelapa sawit, tapi sekaligus villa atau resort dan berbagai fasilitas lainnya.
Di Cikidang Plantation Estate ini, pihak pengelola juga menyediakan berbagai pilihan paket yang harganya dapat disesuaikan dengan isi kantong Anda. Mulai dari yang harganya cuma Rp 300 juta hingga mencapai Rp 2,85 miliar.
Untuk paket seharga Rp 300 juta, pihak pengelola menyebutnya Bintangraya Plantation Estate. Dengan investasi yang dapat diangsur selama dua tahun, kita sudah dapat memiliki satu hektar kebun, yang telah ditanami 125 pohon kelapa sawit dan 200 pohon jati di wilayah Sukabumi Selatan. Selain mendapatkan sertifikat hak milik atas kebun tersebut dengan jaminan pemeliharaan selama 25 tahun, kita juga akan mendapatkan gratis keanggotaan di Cikidang Golf & Country Club selama 10 tahun.
Paket kedua yang ditawarkan adalah Cikidang Plantation Estate, yang harganya Rp 350 juta yang juga dapat diangsur selama dua tahun. Untuk paket ini kita akan mendapatkan pilihan kavling kebun, yaitu antara yang luasnya 2.500 meter persegi atau 1.250 meter persegi dengan pemandangan lapangan golf, yang sudah ditanami pohon kelapa sawit dan jati.
Selain itu, kita juga akan mendapatkan satu unit villa yang luasnya 36 meter persegi, yang di dalamnya terdapat dua kamar tidur.
Paket ketiga yang ditawarkan adalah Teakwood dan Palm Plantation Resort dengan harga Rp 1 miliar. Untuk paket ini, kita akan mendapatkan satu kavling kebun di Cikidang, dengan dua pilihan luas 2.500 meter persegi atau 1.250 meter persegi dengan golfview dan satu unit resort tipe 36. Ditambah lagi dengan kepemilihan 2 hektar kebun di Sukabumi Selatan, yang telah ditanami 400 batang pohon jati dan 250 batang kelapa sawit. Jaminan pemeliharaan kebun selama 25 tahun.
Selain mendapatkan sertifikat hak milik atas lahan tersebut, kita juga akan mendapatkan keanggotaan gratis di Cikidang Golf & Country Club selama 10 tahun. Pembayaran untuk paket ini juga dapat diangsur.
Selanjutnya paket Teakwood & Palm Plantation Resort dengan harga Rp  1 miliar. Untuk paket ini, kita akan mendapatkan satu unit rumah Walet dengan luas 288 meter persegi (lengkap), satu hekatar kebun di Sukabumi Selatan yang ditanami 200 pohon jati dan 125 batang pohon sawit.
Selain mendapatkan sertifikat hak milik dan jaminan perawatan selama 25 tahun, kita juga akan mendapatkan kenggotaan gratis di Cikidang Golf & Country Club selama 10 tahun.
Dan paket yang paling lengkap adalah Teakwood & Palm Plantation Resort (Corporate Farming), yang harganya Rp 2,85 miliar. Untuk paket ini, kita akan mendapatkan satu kavling kebun di Cikidang dengan luas 888 meter per segi. Selain itu, kita juga akan mendapatkan kavling kebun seluas 2,5 hektar di Sukabumi Selatan yang sudah ditanami 500 batang pohon jati dan 312 batang sawit.
Bukan hanya itu, kita juga akan mendapatkan villa seluas 108 meter persegi di Cikidang, satu unit rumah walet dengan luas 288 meter persegi, satu unit apartemen dan gratis keanggotaan di Cikidang Golf & Country Club selama 10 tahun.

Mudah Ditempuh
Bagi Anda yang ingin berwisata atau melihat langsung perkebunan kelapa sawit di areal wisata Cikidang Plantation Estate ini, tak perlu pusing mencarinya. Karena lokasi perkebunan ini hanya berjarak 2 ½ jam perjalanan dari pusat kota Jakarta.    
Rute yang dapat ditempuh adalah melalui dari Tol Dalam Kota, masuk ke Tol Jagorawi dan keluar di Pintu Tol Ciawi. Keluar dari pintu tol, ambil jurusan menuju Kota Sukabumi.
Dalam perjalanan dari Ciawi menuju Cikidang, kita akan melewati Lido, Cicurug, dan Parung Kuda. Dan sebelum memasuki batas wilayah Kecamatan Cibadak, kita berbelok ke kanan, menuju ke jalur Cikidang - Pelabuhan Ratu.
Setelah menempuh perjalanan sekitar 10 km pada jalan raya Cikidang, maka kita akan menjumpai Kantor Pemasaran Cikidang Plantation Estate yang berada di sisi sebelah kanan. Letak kantor itu berdampingan dengan lokasi Wisata Berburu Cikidang (Cikidang Hunting Ranch & Resort).
Di sepanjang perjalanan menyusuri jalan raya Cikidang menuju Pelabuhan Ratu, kita akan disuguhi pemandangan yang indah di kedua sisi jalan, dengan hamparan areal perkebunan teh dan kelapa sawit yang berlatar belakang Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango.
Jadi buat Anda yang berminat, utuk sekedar berwisata agro dengan segala fasiltas yang ada bersama keluarga, atau tertarik untuk menjadi pemilik kebun sawit di areal itu, plus memiliki villa atau resort sendiri. Tunggu apalagi dan selamat mencoba. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar