Sabtu, 03 November 2012

Wisata Agro


Bogor Plantations Edu Park
Wisata Sambil Belajar Berkebun

Wisata Edukasi Perkebunan Bogor atau Bogor Plantations Edu Park, menawarkan paket wisata agro yang berebada dari lokasi-lokasi wisata agro lain yang banyak tersebar di wilayah Jawa Barat dan sekitarnya. Di lokasi ini, selain berwisata, pengunjung juga dapat belajar cara-cara berkebun dan budidaya tanaman kelapa sawit, kakau, karet, tebu  dan berbagai tanaman perkebunan lainnya.

Menjamurnya areal wisata perkebunan atau yang lazim disebut agro wisata, memaksa pengelola untuk berpikir kreatif demi menarik minat pengunjung. Dan itu yang mungkin terbersit di benak pengelola Bogor Plantations Edu Park. Sebuah kawasan wisata agro yang menawarkan berbagai pengetahuan mengenai perkebunan sawit, karet, kelapa, kopi, kakao, teh, kina dan tebu.

Di lokasi wisata ini, pengunjung akan mendapatkan pelajaran mulai dari proses pembibitan, penanaman, pemeliharaan tanaman, panen, hingga ke proses pengolahannya.  Tapi walaupun nuansanya pendidikan, di lokasi ini pengelola mengemasnya dengan paket yang kreatif dan menghibur. Bahkan tersedia untuk segala umur dan tingkat pendidikan.  

Selain itu, pengunjung juga dapat mencoba dan menikmati produk perkebunan serta rekreasi di hamparan perkebunan, terutama kebun karet dan sawit, dengan panorama Gunung Salak yang indah dan asri.  
Lokasi wista Edukasi Perkebunan Bogor ini terletak di  tengah kota Bogor, yang jaraknya kurang lebih 2 km dari Kebun Raya Bogor, yaitu di Jalan Taman Kencana 1, Desa Babakan, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat. Dan dari Jakarta, lokasi ini dapat ditempuh hanya dalam waktu 1 jam.
Dengan berbagai paket yang ditawarkan, tempat wisata edukasi perkebunan ini sangat cocok bagi keluarga. Khususnya yang ingin menikmati wisata perkebunan di tengah fanorama alam yang indah dan sejuknya udara penggunungan, sekaligus belajar berbagai hal mengenai perkebunan.


Afdeling Sawit
Di areal ini, pengunjung dapat mengenal dari dekat tanaman sawit, yang saat ini tengah menjadi primadona. Karena minyak sawit mentah (CPO) yang dihasilkan dari buahnya, tengah menjadi komoditas unggulan. Bahkan minyak sawit telah mengantarkan Indonesia sebagai penghasil dan pengekspor terbesar di dunia.

Dengan mengenal lebih jauh seluk-beluk mengenai kelapa sawit, diharapkan akan meningkatkan apresiasi kita pada tanaman ini sebagai penghasil minyak nabati yang paling efisien. Bukan hanya itu, minyak sawit juga diyakini akan menjadi sumber bahan bakar andalan di masa depan.

Di lokasi ini, selain akan diajarkan bagiaman membudidayakan tanaman sawit serta proses pembuatan minyaknya, pengunjung juga akan diperkenalkan pada bunga jantan dan bunga betina pada sawit yang unik. 

Bahkan pengunjung juga bisa mencoba sendiri ‘mengawinkan’ kedua bunga sawit tersebut, untuk mendapatkan jenis bibit sawit unggul.

Afdeling Karet
Tanaman karet dari berbagai umur tersedia untuk bahan pembelajaran dan rekreasi tersedia di lokasi ini. Pengunjung akan mendapatkan pengalaman yang mengesankan, khususnya dalam hal proses budidaya dan pengolahan tanaman yang menjadi bahan baku untuk ban kendaraan ini.

Di tempat ini, pengunjung dapat melakukan sendiri cara-cara menanam karet. Mulai dari biji, okulasi bibit untuk menghasilkan bahan tanaman klonal unggul, menyadap karet, dan mengumpulkan karet hasil sadapan yang sudah berbentuk lateks. 

Bahkan pengunjung juga akan mendapatkan pengalaman, bagaimana mengolah karet-karet mentah hasil sadapan tersebut menjadi barang jadi yang banyak ditemui sehari-hari, seperti balon atau pun karet gelang.


Kebun Koleksi Kakao
Di tempat wisata edukasi ini, pengunjung juga dapat belajar berbagai hal mengenai tanaman kakao atau cokelat. 

Sekedar menanam tanaman kakao baru yang tumbuh dari biji, atau pengunjung juga bisa ‘mengganti’ tanaman yang sudah tua dengan tanaman baru yang unggul, melalui teknologi sambung samping.

Di sini, pengunjung juga merasakan dan belajar sendiri cara-cara panen kakao. Bahkan mereka juga akan diajarkan cara-cara fermentasi kakao, untuk meningkatkan aroma. 

Bukan hanya itu,  mencicipi produk kakao (cokelat) juga menjadi kegiatan yang disajikan dalam wisata kakao di tempat ini, dengan kemasan yang mendidik dan menghibur.

Koleksi Tanaman Tebu

Untuk areal di tanaman tebu, selain dikenalkan berbagai jenis bibit tanaman penghasil gula tersebut, pengunjung juga dijelaskan mengenai proses-proses pembuatan gula pasir, yang merupakan konsumsi sehari-hari di rumah.

Disamping itu, sebagai tanaman yang bisa langsung dikonsumsi, di areal ini pengunjung juga akan merasakan dan menikmati langsung manisnya minuman sari tebu, dengan cara memeras sendiri batang tebu hasil panennya.

Kebun Koleksi Kopi

Sebagai areal wisata edukasi perkebunan, Bogor Plantation Edu Park juga menyediakan berbagai koleksi kopi yang menjadi pruduk andalan Indonesia, seperti Robusta dan Arabika.

Di tempat ini, banyak pelajaran yang bisa dipetik oleh pengunjung, mulai dari cara-cara  menanam kopi, panen dan memproses kopi untuk mendapatkan produk kopi yang berkualitas tinggi.
Selain itu, mereka juga dapat mencicipi langsung berbagai kopi “specialty” dari berbagai daerah produksi di Indonesia. 

Dan yang istimewa, pengunjung juga akan mendapatkan penjelasan atau pemaparan mengenai proses produksi kopi luwak, yang saat ini menjadi salah satu komoditas unggulan Indonesia.

Lab Kultur Jaringan

Semua komoditas perkebunan dapat diperbanyak dengan teknologi kultur jaringan, yaitu teknologi untuk menggandakan tanaman dari sel atau jaringan tanaman menjadi ribuan atau jutaan tanaman.
Dan pengujung dapat menggunakan sarana lab ini untuk belajar dasar-dasar teknik kultur jaringan. Khususnya teknik kultur jaringan untuk tanaman bunga, seperti anggrek dan Philodendron. Selain belajar sendiri, pengunjung juga dapat membawa pulang hasil prakteknya itu.

Plantation Walk dan Camping Ground

Sebagai areal wista keluarga, di tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas plantation walk atau arena jalan kaki, bagi yang ingin menikmati jalan santai di sepanjang areal perkebunan sambil menikmati segarnya kebun karet, sawit, kakao, kopi dan tebu.
Pengunjung dapat berolahraga di alam terbuka atau merayakan pesta dalam suasana pesta kebun, dengan nuansa alam yang romatis dan indah.


Dan untuk mereka yang gemar camping atau berkemah di alam terbuka, di tempat  ini pihak pengelola juga menyediakan areal caping ground, dengan hamparan rumput hijau dan asri. Pengunjung dapat mendirikan tenda-tenda di antara rimbunan pohon karet dan sawit, dengan pemandangan asri kebun dan latar belakang Gunung Salak.

Pengunjung dapat belajar dan berwisata tentang perkebunan pada siang hari dan berapi unggun pada malam hari, sehingga akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan untuk acara liburan keluarga atau outbond.  Area perkemahan  ini terjangkau sinyal telekomunikasi, serta dilengkapi fasilitas kamar mandi dan tempat cuci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar